Info Sekolah
Senin, 15 Apr 2024
  • Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh. Selamat Datang di Website Resmi SMA Negeri 1 Pekanbaru.

Lomba Tari Persembahan Melayu Riau, SMA Negeri 1 Pekanbaru Juara Pertama

Diterbitkan : - Kategori : Berita

Ikatan Purna Karyawan Kanwil Depdikbud Provinsi Riau mengadakan lomba Tari Persembahan Melayu Riau tingkat SMA/SMK untuk negeri dan swasta se-Provinsi Riau. Tari persembahan yang diperlombakan tersebut merupakan karya OK Nizami Jamil.

Wakil Gubernur Riau (Wagubri) Edy Natar Nasution berkesempatan memberikan hadiah perlombaan untuk para pemenang. Juara pertama berhasil dimenangkan oleh SMAN 1 Kota Pekanbaru, lalu disusul SMA Darma Yudha Pekanbaru, dan SMKN 1 Kota Dumai.

Bersamaan dengan itu pula, juga diluncurkan buku ke-2 Otobiografi Drs. H. OK Nizami Jamil, berjudul “Negeri Siak Tanah Kelahiranku.”

Kegiatan tersebut dipusatkan di Gedung Idrus Tintin Bandar Serai Purna MTQ, Rabu (10/8/2022) malam.

Pencipta Tari Persembahan Melyu Riau, OK Nizami Jami berharap penyerahan hadiah pemenang Tari Persembahan Melayu Riau malam ini tidaklah merupakan suatu kebanggaan bagi para pelajar yang berhasil menjadi pemenang, akan tetapi diteruskan kepada generasi berikutnya terutama tingkat Sekolah Menengah Atas.

“Selamat kepada sekolah SMAN 1 Kota Pekanbaru yang telah memenangkan perlombaan ini,” ucap OK Nizami Jamil.

Dijelaskannya, Tari Persembahan Melayu Riau awalnya bernama Tari Makan Sirih yang digarap bersama temannya Alm. Johan Syarifuddin tahun 1957 dan ditampilkan pertama kali pada upacara penyambutan Kongres Pemuda, Pelajar, Mahasiswa, dan masyarakat Riau, kemudian diberi nama tari Persembahan Melayu Riau.

“Waktu itu saya masih umur 19 tahun dan baru kelas 3 SMK,” jelasnya.

Ia berharap Tari Persembahan Melayu Riau ini bisa dijaga dan dilestarikan kepada generasi berikutnya.

Sementara itu, Wakil Gubernur Riau (Wagubri) Edy Natar Nasution turut mengucapkan selamat kepada para pemenang perlombaan Tari Persembahan Melayu Riau.

Menurut Wagubri, Tari Persembahan Melayu Riau yang diciptakan OK Nizami Jamil merupakan wujud cinta akan budaya daerah yang luar biasa.

Oleh karena itu, Edy Nasution mengajak seluruh masyarakat Riau agar bersama-sama merawat dan menjaga serta melestarikan Tari Persembahan Melayu Riau yang merupakan milik Provinsi Riau.

“Dengan apa yang sudah beliau (OK Nizami Jamil) berikan kepada kita, perlu kita rawat dan kita lestarikan,” tutur Wagubri.

Alizia Mazza (peserta didik kelas XII Mia 5 SMAN 1 Pekanbaru ) sebagai vokal solo  mengisi acara Penyerahan Piala perlombaan Tari Persembahan.

Adapun Nama-nama penari yang SMAN 1 Pekanbaru:

a. Afelin Pandora Nadaek (11 mipa 6)

b. Fariha Najwah (11 mipa 7)

c. Madinna Shofiyah (12 mipa 1)

d. Fani Rizkia Febrianti (12 mipa 2)

e. Raisa Anindya Aprizka (12 mipa 2)

f. Zhafwa Dzakiah (10.1)

g. Athira Mutiara Denasfi (10.3)

Devi Syafriani S.pd (Kordinator) mengungkapkan rasa bahagianya terhadap perwakilan peserta didik SMAN 1 Pekanbaru dalam bidang tari yang berhasil meraih juara pertama dalam perlombaan Tari Persembahan Melayu Riau tingkat SMA/SMK untuk negeri dan swasta se-Provinsi Riau.

Viska Zulpeni M.Pd (Pembina Tari) menyampaikan rasa syukur anak didiknya meraih juara pertama dalam perlombaan Tari Persembahan Melayu Riau tingkat SMA/SMK untuk negeri dan swasta se-Provinsi Riau.

Di jelaskannya, ia menyampaikan kepada anak-anaknya perlu persiapan yang sangat matang, latihan setiap hari demi mendapatkan hasil yang terbaik, pokoknya usaha semaksimal mungkin, Alhamdulillah usaha itu dihadiahkan oleh Allah SWT dengan meraih juara pertama.

ia berharap kedepannya tetap bisa mempertahankan gelar juara ini dan semakin baik lagi serta akan ada generasi berikutnya.

Adapun lomba Tari Persembahan Melayu Riau tingkat SMA/SMK untuk negeri dan swasta se-Provinsi Riau berlangsung dari tanggal  6 s/d 7 agustus 2022.

 

 

Artikel ini memiliki

1 Komentar

Hj. Efri Yenti, S.Pd
Jumat, 12 Agu 2022

Tak salah laaah… nama SMAN 1 Pekanbaru itu SMANSA DJAYA….. karena kejayaan itu selalu digenggamnye, semoga selalu n selalu. Marilah kita sebagai warga SMANSA DJAYA selalu menjaga budaya SMANSA itu

Balas

Beri Komentar